.:WELCOME TO MY BLOG:.

Rabu, 26 Juni 2013

Contoh RPP IPS SD



RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
IDENTITAS MATA PELAJARAN  :  ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
SATUAN PENDIDIKAN                 :  SDN 03 PONTIANAK SELATAN
KELAS / SEMESTER                       :  IV / DUA
ALOKASI WAKTU                          :  2 X 35 MENIT
PERTEMUAN KE                             : 
HARI / TANGGAL                           :
 
STANDAR KOMPETENSI
            2.  Mengenal sumber daya alam, kegiatan ekonomi, dan kemajuan teknologi di                   lingkungan kabupaten/kota dan provinsi

KOMPETENSI DASAR
            2.3  Mengenal perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi serta          pengalaman menggunakannya

INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
a.       Menyebutkan 3 macam perkembangan teknologi.
b.      Menyebutkan 3 contoh alat komunikasi masa lalu.
c.       Mengelompokkan 2 jenis perkembangan teknologi produksi.
d.      Menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi masa kini(modern).

TUJUAN PEMBELAJARAN
a.       Dengan mengamati media gambar, siswa dapat menyebutkan 3 macam perkembangan teknologi.
b.      Dengan mengamati media gambar, siswa dapat menyebutkan 3 contoh alat komunikasi masa lalu.
c.       Dengan kerja kelompok, siswa dapat mengelompokkan 2 jenis perkembangan teknologi produksi.
d.      Dengan penugasan, siswa dapat menceritakan pengalaman menggunakan alat transportasi masa kini(modern).

DAMPAK PENGIRING
Setelah pembelajaran selesai, siswa di harapkan secara berangsur-angsur mengembangkan sikap peduli, teliti, cermat, dan kerjasama dalam kehidupan sehari-hari.
URAIAN MATERI
Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi
A.    Perkembangan Teknologi Produksi
1.      Teknologi Produksi Masa Lalu
        Pernahkah kalian melihat petani bekerja di sawah? Alat apa yang mereka gunakan untuk mengolah sawah? Pada masa lalu petani mengolah tanah pertanian menggunakan alat yang sederhana, seperti cangkul dan bajak yang ditarik kerbau atau sapi.
Mulai dari menanam, mengairi, dan mengobati tanaman padi dilakukan dengan tenaga manusia. Setelah buah padi tua dipetik dengan ani-ani atau sabit. Untuk menjadikan beras, padi itu ditumbuk menggunakan antan dan lesung atau lumpang. Proses produksi seperti ini melelahkan dan berlangsung lama. Karena pengerjaannya menggunakan tenaga hewan dan manusia, tanah pertaniannya terhindar dari pencemaran bahan bakar.
2.      Teknologi Produksi Masa Kini
        Pada masa kini alat-alat produksi pertanian mengalami kemajuan. Petani mengolah tanah sawah memanfaatkan tenaga mesin. Mereka membajak sawah menggunakan traktor. Pengairan sering menggunakan air tanah yang disedot dengan mesin pompa air. Setelah padi tua dipanen dengan mesin pemotong, dan langsung dijadikan gabah dengan mesin perontok atau tleser. Selanjutnya gabah diangkut ke mesin penggilingan untuk dijadikan beras.
B.     Perkembangan Teknologi Komunikasi
1.      Alat Komunikasi Masa Lalu
        Contoh alat-alat komunikasi masa lalu ialah :
a.       Kentungan, yaitu alat komunikasi yang terbuat dari bambu atau kayu berongga.
b.      Bendhe, yaitu alat komunikasi berbentuk bundar terbuat dari besi atau perunggu.
c.       Bedug, yaitu alat komunikasi terbuat dari kayu berongga, yang kedua sisinya tertutup kulit hewan.
d.      Surat atau tulisan pada masa lalu menggunakan daun lontar atau daun nipah juga merupakan alat komunikasi.
2.      Alat Komunikasi Masa Kini
        Contoh alat komunikasi masa kini ialah:
a.       Surat adalah alat komunikasi yang berupa tulisan di atas kertas. Jenisnya ada yang terbuka dan ada yang tertutup atau bersampul.
b.      Majalah adalah media komunikasi berupa buku yang berisi berita atau pesan. Majalah terbit secara berkala, ada yang terbit tiap satu minggu, tiap dua minggu, atau tiap bulan.
c.       E-mail singkatan dari elektronik mail yang berarti surat elektronik. E-mail merupakan hasil pemanfaatan jaringan telepon yang dihubungkan dengan komputer dan fasilitas internet.
d.      Telegram adalah sejenis surat yang berisi pesan amat singkat dan padat.
e.       Telepon artinya berbicara jarak jauh. Berbicara jarak jauh menggunakan alat yang disebut pesawat telepon. Sekarang ada dua jenis telepon, yaitu telepon kabel dan telepon seluler atau telepon genggam.
f.       Radio merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyiarkan berita, hiburan dan pesan-pesan lainnya.
g.      Televisi artinya melihat jarak jauh. Televisi adalah media komunikasi yang digunakan untuk menayangkan berita, hiburan, dan pesan- pesan yang dapat didengar dan dilihat.
C.     Perkembangan Teknologi Transportasi
1.      Teknologi Transportasi Masa Lalu
        Transportasi atau angkutan pada masa lalu awalnya menggunakan tenaga manusia, yaitu dengan cara dipikul, digendong atau didorong. Lalu berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, keledai, dan gajah. Alat transportasinya sederhana, baik transportasi darat maupun transportasi air.
        Alat transportasi darat semula menggunakan tenaga manusia, seperti sepeda, becak, dan gerobag dorong. Kemudian berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti pedati ditarik sapi, delman ditarik kuda, dan sebagainya. Transportasi laut yang menggunakan tenaga alam atau angin, yaitu perahu layar, sedangkan yang menggunakan tenaga manusia, misalnya rakit dan perahu dayung.
2.      Teknologi Transportasi Masa Kini
        Transportasi masa kini telah menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara. Sarana dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik. sarana transportasi berupa alat angkutan, seperti mobil, kereta api, kapal, dan pesawat terbang. Prasarana transportasi adalah penunjang kelancaran pengakutan antara lain jalan, jembatan, terminal, stasiun, lapangan terbang, dan pelabuhan.
3.      Pengalaman Menggunakan Teknologi Transportasi
        Pernahkah kalian menggunakan alat transportasi jarak jauh? Alat transportasi apakah yang kalian gunakan? Pada masa kini terdapat berbagai alat transportasi modern, seperti bus, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang. Di kota Yogyakarta alat angkutan darat tradisional seperti becak dan andong masih dipertahankan untuk keperluan wisatawan. Setiap alat angkutan memiliki kenyamanan tersendiri bagi penumpangnya. Pengalamannya menggunakan alat transportasi dapat kalian ceritakan kepada teman-teman kalian!

METODE PEMBELAJARAN
1.      Tanya Jawab
2.      Ceramah
3.      Kerja kelompok
4.      Penugasan

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
A.    Kegiatan Awal
1.      Salam
2.      Do’a
3.      Absensi
4.      Apersepsi  : “Anak-anak, siapa yang pernah naik pesawat terbang? Kapan?                                  Kemana?
5.      Informasi tujuan pembelajaran
6.      Informasi kegiatan pembelajaran
7.      Mengkondisikan kelas

B.     Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
a.       Guru menempelkan media gambar dan siswa diminta untuk mengamatinya.
b.      Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar yang ditempel.
c.       Guru menempelkan sebuah diagram pengolahan gabah menjadi beras dan siswa diminta untuk mengamatinya.
d.      Guru bertanya kepada siswa mengenai gambar yang ditempel.
2.      Elaborasi
a.       Siswa diberi tugas untuk menceritakan pengalamannya menggunakan alat transportasi masa kini(modern)
b.      Siswa diminta untuk ke depan kelas untuk menceritakan pengalamannya menggunakan alat transportasi masa kini(modern).
c.       Guru memperlihatkan beberapa gambar dan siswa diminta untuk mengelompokkan yang mana yang termasuk alat komunikasi masa kini(modern) dan mana yang termasuk alat komunikasi masa lalu.
d.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas mengenai perkembangan teknologi produksi.
e.       Selama siswa mengerjakan tugas, guru membimbing siswa dan melakukan penilaian proses.
f.       Guru meminta 2 orang perwakilan dari tiap kelompoknya untuk mengelompokkan contoh-contoh yang termasuk dalam alat produksi masa kini dengan alat produksi masa lalu.
g.      Kelompok yang sudah menyelesaikan tugasnya, diminta untuk berkata “finish”.
3.      Konfirmasi
a.       Kelompok yang terbaik diberikan pujian dan hadiah oleh guru dan yang belum diberi motivasi.
b.      Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai materi pelajaran yang belum dimengerti.
c.       Penegasan dari guru tentang hal-hal yang penting.
d.      Siswa yang kurang atau belum berpartisipasi aktif diberi motivasi oleh guru.
C.     Kegiatan Akhir
1.      Siswa dibimbing oleh guru membuat simpulan materi.
2.      Evaluasi.
3.      Refleksi dan Tindak Lanjut.
4.      Guru menutup pembelajaran.

SUMBER DAN MEDIA
A.    Sumber            :
1.      Tim BSNP, 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk SD/MI. Depdiknas Jakarta.
2.      Sutoyo, Leo Agung, 2009. IPS 4 untuk SD/MI Kelas IV, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
B.     Media              :
-          Gambar mengenai macam-macam perkembangan teknologi
-          Diagram pengolahan gabah menjadi beras.

EVALUASI
1.      Prosedur Penilaian.
a.       Penilaian proses.
NO
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Keterangan
Keaktifan
Ketelitian
Kerjasama
Ketepatan








Keterangan :
A = 80 – 100
B = 70 – 79
C = 60 – 69
D = < 60

b.      Penilaian Hasil
1.      Prosedur Tes
Jenis Tes : Tertulis dan lisan
Bentuk Tes : Essay
2.      Alat Tes (Soal-soal)
1)      Tuliskan 3 macam perkembangan teknologi!
2)      Tuliskan 3 contoh alat komunikasi masa lalu!
3)      Tuliskan masing-masing 2 contoh alat produksi masa kini dan alat produksi masa lalu!
4)      Tuliskan 3 contoh transportasi masa kini!
3.      Kunci Jawaban
1)      3 macam perkembangan teknologi, yaitu:
a.       Perkembangan teknologi produksi
b.      Perkembangan teknologi komunikasi
c.       Perkembangan teknologi transportasi
2)      Contoh alat komunikasi masa lalu, yaitu :
a.       Kentungan
b.      Bendhe
c.       Bedug
d.      Surat atau tulisan di daun nipah atau daun lontar.
(pilih 3 saja)
3)      Contoh alat produksi masa lalu, yaitu :
·         Membajak sawah dengan menggunakan kerbau atau sapi
·         Mengolah tanah dengan cangkul
·         Ani-ani atau sabit untuk memetik padi
·         Lesung atau lumpang untuk menumbuk padi menjadi beras
(pilih 2 saja)
Contoh alat produksi masa kini, yaitu :
·         Traktor untuk membajak sawah
·         Mesin pompa air untuk mengairi sawah
·         Mesin pemotong padi untuk memetik padi
·         Mesin perontok atau tleser untuk merontokkan padi
·         Mesin penggiling untuk menjadikan gabah menjadi beras.
(pilih 2 saja)
4)      Contoh alat transportasi masa kini, yaitu :
a.       Surat
b.      Majalah
c.       E-mail
d.      Telegram
e.       Telepon
f.       Radio
g.      Televisi
(pilih 3 saja)

PENSKORAN
Soal Nomor
Bobot
1
2
3
4
25
25
25
25
Jumlah
100



   Nilai Akhir =  100


Tidak ada komentar:

Posting Komentar