Pengertian Strategi, Metode, dan
Media Pembelajaran
A. Pengertian Strategi Pembelajaran
Joni
(1983) berpendapat bahwa yang dimaksud strategi adalah suatu prosedur yang
digunakan untuk memberikan suasana yang konduktif kepada siswa dalam rangka mencapai
tujuan pembelajaran. Sedangkan Gerlach dan Elly (1989) menyatakan bahwa
strategi adalah suatu cara yang terpilih untuk menyampaikan tujuan pembelajaran
dalam lingkungan pembelajaran tertentu. Definisi yang lain menyebutkan bahwa
strategi adalah suatu garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai
sasaran yang telah ditentukan (Djamarah dan Zain, 2002). Dengan demikian
pengertian strategi dalam pembelajaran adalah suatu prosedur yang digunakan
oleh guru dalam proses pembelajaran sebagai sarana untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan.
B. Pengertian Metode Pembelajaran
Metode
menurut Sagala (2005) adalah cara yang digunakan oleh guru/siswa dalam mengolah
informasi yang berupa fakta, data, dan konsep pada proses pembelajaran yang
mungkin terjadi dalam suatu strategi.
Tujuan
pembelajaran akan dapat tercapai secara optimal jika pemilihan strategi dan
metodenya tepat.perlu diketahui bahwa supaya proses belajar mengajar dapat
terlaksana dengan baik, dalam pelaksanaan pembelajaran dapat dipilih satu atau
lebih metode.
C. Kebaikan dan Kelemahan Metode
Pembelajaran
1. Metode
Ceramah
Metode ceramah
merupakan suatu metode yang digunakan untuk menjelaskan materi secara verbal,
dan biasanya memiliki alat bantu visual.
a. Kelebihan
metode ceramah
1) Mudah
mengorganisasikan tempat duduk/kelas
2) Dapat
diikuti oleh jumlah siswa yang besar
3) Lebih
mudah mempersiapkan dan melaksanakannya
4) Biaya
lebih murah dan dapat sekaligus untuk orang banyak
5) Metode
ini sangat tepat untuk guru yang akan memulai mengenalkan materi
b. Kelemahan
metode ceramah
1) Siswa
dengan karakteristik auditif dapat menyerap informasi lebih banyak, sedangkan
siswa dengan karakteristik visual menjadi rugi karena miskin informasi
2) Apabila
selalu digunakan dan terlalu lama maka pembelajaran akan terkesan membosankan
3) Menyebabkan
siswa menjadi pasif
4) Tidak
memberi kesempatan untuk berdiskusi
2. Metode
Tanya Jawab
Metode tanya jawab
merupakan suatu metode yang bertujuan untuk menarik perhatian siswa agar lebih
terpusat kepada proses pembelajaran.
a. Kelebihan
metode tanya jawab
1) Siswa
dapa mengembangkan keberanian dan keterampilan dalam menjawab dan mengemukakan
pendapat
2) Pertanyaan
yang dilontarkan dapat menarik dan memusatkan perhatian siswa, sekalipun ketika
siswa itu sedang ribut
3) Merangsang
siswa untuk berlatih mengembangkan daya pikir, termasuk daya ingatan
4) Pertanyaan
yang jelas lebih mudah dipahami siswa
b. Kekurangan
metode tanya jawab
1) Banyak
waktu terbuang
2) Apabila
siswa tidak siap, maka siswa merasa takut, dan apalagi bila guru kurang dapat
mendorong siswa, maka siswa juga menjadi tidak berani untuk bertanya
3) Terbatasnya
jumlah waktu untuk memberikan pertanyaan kepada setiap siswa
3. Metode
Diskusi
Metode diskusi cocok
digunakan untuk kelompok kecil. Hasil penelitian menujukkan bahwa metode
diskusi lebih tepat digunakan untuk mempelajari keterampilan yang kompleks,
berpikir kritis, dan untuk memecahkan kasus.
a. Kelebihan
metode diskusi
1) Dapat
memperluas wawasan siswa
2) Dapat
merangsang kreativitas siswa dalam memunculkan ide dalam memecahkan suatu
masalah
3) Dapat
mengembangkan sikap menghargai pendapat orang lain
4) Dapat
menumbuhkan partisipasi siswa menjadi aktif
b. Kekurangan
metode diskusi
1) Kemungkinan
besar diskusi akan dikuasai oleh siswa yang suka berbicara atau ingin
menonjolkan diri
2) Tidak
dapat dipakai pada kelompok yang besar
3) Peserta
mendapat informasi yang terbatas
4) Menyerap
waktu yang cukup banyak
5) Tidak
semua guru memahami cara siswa melakukan diskusi
4. Metode
Simulasi
Metode simulasi adalah
metode yang diberikan kepada siswa, agar siswa dapat menggunakan sekumpulan
fakta, konsep, dan strategi tertentu.
a. Kelebihan
metode simulasi
1) Metode
ini dapat mempelajari situasi yang nyata
2) Dapat
membuat siswa belajar dari umpan balik yang datang dari dirinya sendiri
3) Dapat
melatih siswa dalam mensimulasikan sesuatu sehingga siswa menjadi lebih berani
4) Siswa
dapat lebih menggunakan sekumpulan fakta dan konsep
b. Kelemahan
metode simulasi
1) Bagi
siswa yang penakut penerapan metode ini menjadi hal yang tidak menyenangkan
sehingga enggan untuk bersimulasi
2) Sebaliknya
bagi siswa yang pandai, dan senang berbicara cenderung menguasai proses
simulasi
3) Bagi
siswa yang susah mengeluarkan pendapat hal ini merupakan metode yang paling
menyusahkan.
5. Metode
Pemberian Tugas
Metode pemberian tugas
adalah metode yang dilakukan oleh guru terhadap siswa, yang biasanya lebih
banyak dikerjakan di rumah atau di luar sekolah karena penyelesaiannya
memerlukan waktu yang lebih panjang.
a. Kelebihan
metode pemberian tugas
1) Dapat
memupuk semangat belajar siswa
2) Dapat
lebih memperdalam, memperkaya, dan memperluas wawasan yang dipelajarinya
3) Dapat
membina siswa dalam pengolahan informasi
b. Kelemahan
metode pemberian tugas
1) Tugas
dirasa menyulitkan dan membebani siswa
2) Tugas
dikerjakan oleh orang lain tanpa sepengetahuan guru
6. Metode
Karyawisata
Metode karyawisata
adalah suatu metode yang mengajak siswa ke suasana di luar kelas.
a. Kelebihan
metode karyawisata
1) Memiliki
prinsip pembelajaran modern yang memanfaatkan lingkungan nyata dalam
pembelajaran
2) Membuat
apa yang dipelajari di sekolah lebih relevan dengan kenyataan dan kebutuhan di
masyarakat
3) Dapat
lebih merangsang kreativitas siswa
4) Mendorong
siswa belajar secara konferhensif dan integral
5) Merangsang
siswa dapat menjawab semua tugas guru dengan data/peristiwa secara langsung
b. Kekurangan
metode karyawisata
1) Memerlukan
persiapan atau perencanaan yang matang
2) Biasanya
cenderung menggunakan unsur rekreasi dan menomorduakan karyanya
3) Sulit
pengaturan siswa yang besar jumlahnya
4) Membutuhkan
biaya yang cukup besar
5) Membingungkan
siswa apabila objek kurang diamati dengan jelas
7. Metode
Laboratorium
Metode laboratorium
adalah suatu metode yang mengaitkan teori dengan pengalaman.
a. Kelebihan
metode laboratorium
1) Siswa
dapat berganti situasi baru
2) Situasi
pembelajaran biasanya lebih menyenangkan
3) Siswa
dapat menggunakan alat bantu media yang lebih lengkap dan lebih dekat untuk
mengambilnya karena memang sudah tersedia
4) Untuk
PKn semua kasus yang sifatnya pribadi dapat diselesaikan di laboratorium
tersebut
b. Kekurangan
metode laboratorium
1) Siswa
yang kurang suka dengan belajar model ini merasa kurang mendapatkan tambahan
ilmu pengetahuan
2) Belum
tentu ruang laboratorium lebih menyenangkan
3) Sering
ada siswa lain yang lalu lalang karena memerlukan alat lain yang ada di
laboratorium
8. Metode
Sosiodrama
Metode sosiodrama (role playing) adalah suatu cara
menyajikan bahan pelajaran dengan mendramasisasikan tingkah dalam hubungan
sosial dengan suatu problem, agar peserta didik dapat memecahkan masalah
sosial.
a. Kelebihan
metode sosiadrama
1) Melatih
siswa untuk berkreatif dan berinisiatif
2) Melatih
siswa untuk memahami sesuatu dan mencoba melakukannya
3) Memupuk
bakat siswa yang memiliki bibit seni dengan baik melalui sosio drama yang
sering dilakukannya dengan metode ini
4) Memupuk
kerja sama antar teman dengan lebih baik pula
5) Membuat
siswa merasa senang, karena dapat terhibur oleh fragmen teman-temannya
b. Kekurangan
metode sosiodrama
1) Pada
umumnya yang aktif hanya yang berperan saja
2) Cenderung
dominan unsur rekreasinya daripada kerjanya, karena untuk berlatih sosiodrama
memerlukan banyak waktu dan tenaga
3) Membutuhkan
ruang yang cukup luas
4) Sering
mengganggu kelas disebelahnya
9. Metode
Demonstrasi
Metode demonstrasi
adalah pertunjukkan tentang proses terjadinya suatu peristiwa, sampai pada
penampilan tingkah laku yang dicontohkan agar dapat dipahami oleh peserta
didik, baik secara nyata maupun secara tiruan.
a. Kebaikan
metode demonstrasi
1) Dapat
membimbing siswa kearah berpikir satu jalur pikiran
2) Dapat
mengurangi kesalahan karena diterapkan pada waktu itu juga
3) Perhatian
siswa terpusat pada hal-hal yang dianggap penting
4) Permasalahan
yang terpendam dapat mendapatkan penjelasan guru pada waktu itu pula
b. Kelemahan
metode demonstrasi
1) Tidak
semua permasalahan dapat didemonstrasikan di dalam kelas
2) Memerlukan
alat perlengkapan khusus yang bahkan kadang sulit ditemukan
3) Memerlukan
banyak waktu
4) Memerlukan
kesabaran dan ketelatenan
10. Metode
Problem Solving (Metode Pemecahan
Masalah)
Metode
problem solving adalah suatu metode
berpikir, dan memecahkan masalah.
a. Kelebihan
metode problem solving
1) Dapat
membuat siswa menjadi lebih menghayati kehidupan sehari-hari
2) Dapat
melatih dan membiasakan para siswa untuk menghadapi dan memecahkan masalah
secara terampil
3) Dapat
mengembangkan kemampuan berpikir siswa secara kreatif
4) Siswa
sudah mulai dilatih untuk memecahkan masalahnya
b. Kekurangan
metode problem solving
1) Memerlukan
cukup banyak waktu
2) Melibatkan
lebih banyak orang
3) Dapat
mengubah kebiasaan siswa belajar dengan mendengarkan dan menerima informasi
dari guru
4) Dapat
diterapkan secara langsung yaitu untuk memecahkan masalah
11. Metode
Individual
Metode
individual adalah suatu metode yang digunakan untuk menciptakan situasi belajar
yang berkembang sesuai dengan waktu dan kecepatan masing-masing individu
a. Kebaikan
metode individual
1) Siswa
dapat berkembang sesuai dengan kemampuannya
2) Tidak
merasa rendah dibanding temannya
b. Kelemahan
metode individual
1) Siswa
menjadi kurang berkembang karena mereka belajar tanpa ada motivasi lain dari
teman sebayanya
D.
Hakekat
Media Pembelajaran
1. Pengertian
Media Pembelajaran
Media
merupakan bentuk jamak khusus, kata tersebut dapat diartikan sebagai alat
komunikasi yang digunakan untuk membawa informasi dari satu sumber kepada
penerima. Dikaitkan dengan pembelajaran, media dimaknai sebagai alat komunikasi
yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk membawa informasi berupa materi
ajar dari pengajar kepada peserta didik sehingga peserta didik menjadi lebih
tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Sedangkan pengertian media PKn
adalah media yang terpilih dan cocok untuk pembelajaran PKn SD.
2. Fungsi
Media Pembelajaran PKn SD
a. Media
pembelajaran sebagai alat bantu dalam pembelajaran
Pada satu sisi ada materi ajar yang tidak memerlukan alat bantu,
tetapi di lain pihak ada materi ajar yang sangat memerlukan alat bantu, tetapi
di lain pihak ada materi ajar yang sangat memerlukan alat bantu berupa media
pembelajaran. Media pembelajaran yang dimaksud antara lain berupa globe,
grafik, gambar, dan sebagainya.
b. Media
pembelajaran sebagai sumber belajar
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan
sebagai tempat bahan pembelajaran untuk belajar peserta didik tersebut berasal.
Sumber belajar dapat dikelompokkan menjadi lima katagori, yaitu manusia, buku
perpustakaan, media massa, alam lingkungan, dan media pendidikan.
3. Jenis-jenis
Media Pembelajaran
a. Berdasarkan
jenisnya
Berdasarkan jenisnya,
media dapat Anda bedakan atas (1) media audiktif, (2) media visual, dan (3)
media audio visual.
1) Media
Nonproyeksi
Media nonproyeksi
terdiri atas model dan bahan grafis
2) Media
yang Diproyeksikan
Media yang termasuk
media yang diproyeksikan adalah overhead
transparansi (OHT), slide,
filmstrips, dan opaque.
3) Media
Audio
Media audio dibedakan
menjadi 3, yaitu media audio yang
dipakai untuk mendengarkan, media audio
vision yang dipakai untuk mendengarkan dan melihat, serta media audio visual yang dipakai untuk
mendengar, melihat, dan melakukan.
4) Media
Video
Media video dapat dapat
digunakan sebagai alat bantu mengajar pada berbagai bidang studi. Hal ini
disebabkan oleh kemampuan video untuk memanipulasi kondisi waktu dan ruang
sehingga peserta didik atau siswa dapat diajak untuk melihat objek yang sangat
kecil maupun objek yang sangat besar, objek yang berbahaya, objek lokasinya
jauh di belahan bumi lain, maupun objek yang ada di luar angkasa.
5) Media
Berbasis Komputer
Menurut Hannafin dan
Peek (1998), potensi media komputer yanf dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan
efektifitas proses pembelajaran sangat tinggi. Hal ini antara lain dikarenakan
terjadi interaksi langsung antara siswa dengan materi pembelajaran.
E.
Peran
Media Pembelajaran
Kemp dkk (1985) menjabarkan peran media di
dalam kegiatan pembelajaran sebagai berikut.
a. Penyajian
materi ajar menjadi lebih standar
b. Penyesuaian
media yang terencana dan terstruktur dengan baik membenatu pengajar untuk
menyampaikan materi dengan kualitas dan kuantitas yang sama dari satu kelas ke
kelas yang lain.
c. Kegiatan
pembelajaran menjadi lebih menarik
d. Kegiatan
belajar dapat menjadi lebih interaktif
e. Materi
pembelajaran dapat dirancang, baik dari sisi pengorganisasian materi maupun
cara penyajiannya yang melibatkan siswa, sehingga siswa menjadi lebih aktif di
dalam kelas.
f. Media
dapat mempersingkat penyajian materi pembelajaran yang kompleks, misalnya
dengan bantuan video.
g. Kualitas
belajar siswa dapat ditingkatkan.
h. Penyajian
pembelajaran dengan menggunakan media yang mengintegrasikan visualisasi dengan
teks atau suara akan mampu mengkomunikasikan materi pembelajaran secara terorganisasi.
i.
Dengan media yang makin lama makin
canggih maka kegiatan pembelajaran tidak hanya dilakukan di dalam kelas saja
tetapi dapat dimana saja.
F.
Prinsip-Prinsip
Pemilihan dan Penggunaan Media
Sudirman (1991) mengemukakan 3 katagori
prinsip pemilihan media pembelajaran sebagai berikut.
a. Tujuan
pemilihan.
b. Karakteristik
media pembelajaran.
c. Alternatif
pilihan.
Adapun
prinsip pemilihan dan penggunaan media, menurut Sudjana (1991) adalah sebagai
berikut.
a. Menentukan
jenis media dengan tepat
b. Menetapkan
atau memperhitungkan subjek dengan tepat.
c. Menyajikan
media dengan tepat.
4. Dasar
Pertimbangan Pemilihan dan Penggunaan Media
Faktor-faktor yang perlu Anda perhatikan
dalam memilih media pembelajaran antara lain sebagai berikut.
a. Objektivitas.
b. Program
pembelajaran.
c. Sasaran
program.
d. Kualitas
teknik.
e. Keefektifan
dan efesiensi penggunaan.
G.
Rancangan
Media Pembelajaran PKn Sekolah Dasar
Dalam pedoman pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar PKn SD, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan untuk
media PKn, yaitu :
1) Membawakan
sesuatu atau sejumlah isi pesan harapan
2) Memuat
nilai atau moral kontras
3) Diambil
dari dunia kehidupan nyata
4) Menarik
minat dan perhatian
5) Terjangkau
oleh kemampuan belajar siswa
Merancang media pembelajaran PKn
sangat tergantung dari jenis media yang digunakan. Di bawah ini diulas kembali
jenis media yang dapat digunakan/dikembangkan dalam pembelajaran PKn, yaitu:
1) Hal-hal
yang bersifat visual, seperti bagan, matriks, gambar, data, dan lain-lain.
2) Hal-hal
yang bersifat materiil, seperti model-model, benda contoh.
3) Gerak,
sikap, dan perilaku, seperto simulasi, bermain peran (role playing).
4) Cerita,
kasus yang mengandung dilema moral.
1. Rancangan
Media Audio dalam Pembelajaran PKn SD
Fungsi skenario media audio adalah sebagai
berikut:
a. Meningkatkan
kemampuan siswa dalam berkomunikasi dengan suara sekaligus melatih keterampilan
mendengarkan maupun menyimak.
b. Mengembangkan
imajinasi siswa terhadap apa yang didengarkannya baik melalui guru maupun tape
recorder.
c. Memantapkan
bagian-bagian yang dianggap penting dari materi ajar yang disampaikan.
2. Langkah-langkah
Penyajian Media Audio dalam Pembelajaran PKn SD
Sebelum menyajikan media audio terlebih
dahulu menyiapkan alat-alat yang akan digunakan termasuk sarana penunjang
seperti aliran listrik atau baterai.
a. Memberi
tugas pada siswa untuk terlebih dahulu mempelajari materi yang akan
diaplikasikan pada media audio.
b. Guru
menjelaskan pada siswa materi PKn apa yang dibahas, kemudian siswa diminta
mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan misalnya alat tulis menulis.
c. Kemudian
audio mulai diperdengarkan, diusahakan agar suara audio dapat didengar semua
siswa dengan jelas. Sehingga siswa dapat menyimak materi ajar PKn dengan jelas.
d. Setelah
audio diperdengarkan, guru meminta beberapa siswa untuk mengulang secara garis
besar materi yang telah didengarkan.
e. Guru
meminta murid-murid yang lain untuk menanggapi pendapat temannya tadi.
f. Guru
memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang tidak dimengerti.
g. Guru
menyimpulkan materi PKn yang telah disampaikan dan menanamkan
konsep-nilai-moral-norma yang menjadi pesan pesan pokok bahasa yang telah disampaikan.
3. Rancangan
Media Gambar atau Foto dalam Pembelajaran PKn SD
a. Fungsi
Media Gambar
1) Mengkonkretkan
hal-hal yang bersifat abstrak
2) Mendekatkan
dengan objek yang sebenarnya
3) Melatih
siswa berpikir konkret
4) Memperjelas
suatu masalah
b. Langkah-langkah
penyajian media gambar atau foto
1) Menganalisis
pokok bahasan/sub pokok bahasan yang akan dituangkan dalam bentuk media dan
audio atau foto
2) Menyiapkan
bahan-bahan yang dipergunakan
3) Menugaskan
siswa untuk juga menyiapkan bahan-bahan yang digunakan dalam proses
belajar-mengajar
4) Memeragakan
gambar-gambar sehingga dapat dilihat dengan jelas oleh semua siswa
5) Guru
meminta para siswa mengomentari gambar yang telah dipegarakan dan siswa yang
lain diminta memberikan tanggapan terhadap komentar tersebut.
6) Guru
menjelaskan materi pelajaran melalui media yang telah disiapkan sekaligus juga
menanamkan nilai moral dan norma yang menjadi target harapannya
7) Guru
menyimpulkan materi pelajaran sekaligus menindaklanjuti dengan memberikan tugas
kepada siswa untuk memperkaya pengusaan materi pelajaran PKn.
4. Rancangan
Media Overhead Projector dalam
Pembelajaran PKn SD
a. Fungsi
media overhead projector :
1) Meningkatkan
daya tarik dan motivasi siswa untuk belajar
2) Mempermudah
guru untuk menyiapkan materi pembelajaran
3) Memperjelas
tayangan materi pembelajaran sehingga perhatian siswa terhadap materi yang
diberikan guru akan lebih besar
b. Langkah-langkah
penyajian media overhead proyektor :
1. Analisis
TIK pokok bahasan yang akan diajarkan
2. Analisis
materi pelajaran untuk menentukan jenis media yang diperlukan
3. Analisis
keadaan siswa untuk mempertimbangkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa
dalam menerima pelajaran, kecepatan daya serap siswa, serta tingkat perbendaharaan
kata yang dipakai
4. Kembangkan
bahan-bahan tersebut ke dalam transparan yang telah disiapkan
5. Sajikan
transparan di kelas dengan diatur fokusnya sebaik mungkin sehingga apa yang
tertera dalam transparan dapat dibaca dan dilihat dengan jelas oleh semua siswa
6. Sesekali
diselingi dengan pernyataan, tanggapan, dan pernyataan dari siswa
7. Guru
menyimpulkan materi pembelajaran PKn yang telah disampaikan.
How to win against the king of the dealer
BalasHapusSome players simply try to win against the king of the dealer. Players use the kirill-kondrashin same tactics as they have on most board 카지노 사이트 games. There are always